Rabu, 16 Maret 2011

Tips-Tips Mencuci dan Merawat Wajah Yang Baik dan Benar

Perlu kita ketahui, bahwa faktanya kulit wajah itu lebih tipis 5 kali lipat daripada kulit lainnya. Nah, oleh karena itu, mencuci muka juga tidak boleh asal-asalan, karena jika kita mencucinya dengan asal-asalan, kulit wajah kita akan rusak.

Nah untuk mencegah hal tersebut, admin mempunyai beberapa tips yang didapatkan dari berbagai sumber. Inilah dia:
1. Pilihlah sabun wajah yang tepat. Sabun wajah untuk remaja biasanya berupa facial foam atau facial wash.
2. Sesuaikan facial foam dengan kondisi kulit wajahmu. Kalau wajahmu berminyak, cari yang bertuliskan "oil control". Kalau wajahmu berjerawat, cari yang "acne treatment" atau yang bertuliskan "acne". Jika kulitmu kusam, carilah yang tertulis "lightening" atau "whitening"
3. Setelah pulang sekolah atau setelah beraktivitas di luar ruangan, keringkan dulu keringat di wajah dan dinginkan. Jangan langsung cuci muka, se-gerah apapun, karena akan menyebabkan munculnya noda bulat putih seperti panu di wajah.
4. Kalau cuci muka, perhatikan temperatur air. Gunakan air yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.
5. Lebih baik sebelum mencuci muka, wajah dibasuh dengan air hangat, yang bertujuan untuk membuka pori-pori. Setelah itu gunakan facial foam. Lalu bersihkan dengan air hangat. Dan basuh wajah dengan air biasa untuk menutup pori-pori.
6. Ketika memakai facial foam, sebaiknya gerakan jari melingkar dari bawah ke atas, agar kotoran terangkat dengan sempurna.
7. Untuk yang berjerawat, jangan menekan jerawat dengan jari atau kuku, terutama bila kotor. Hal ini untuk mencegah terjadinya penyebaran jerawat yang lebih luas. Selain itu jangan mengkorek apalagi mengempiskan jerawat, karena akan meninggalkan bekas berupa noda hitam.
8. Gunakan pelembap agar wajah tidak kering.
9. Gunakan masker maksimal seminggu sekali untuk mengangkat noda, minyak dan kotoran pada wajah secara maksimal.
10. Bawalah face paper kemana-mana supaya ketika wajah terasa berminyak, kita tinggal menggunakan face paper yang berguna menyerap minyak di wajah.
11. Kalau menggunakan make-up, bisa juga membersihkan dengan menggunakan susu pembersih dan toner. Tapi bacalah baik-baik pada labelnya untuk mengetahui apakah itu cocok untuk wajahmu atau tidak.
12. Pergilah ke tempat totok wajah maksimal 2 kali sebulan. Totok dapat melancarkan peredaran di wajah sehingga dapat mencerahkan wajah.
13. Tidak usah menggunakan make up di rumah dan jika menggunakan make up, tidak usah tebal-tebal. Natural is the best, right?
14. Minumlah air maksimal 8 gelas per hari dan konsumsilah buah-buahan terutama yang mengandung vitamin C dan E yang memang bermanfaat untuk kulit.
15. Senyum! Dengan senyum, otot-otot di wajah menjadi relaks.


Tapi, yang terpenting dari semua adalah pedelah dengan wajahmu!
Tidak peduli apa warna kulit, yang penting adalah pede dan mensyukuri wajah kita yang telah diberikan oleh Tuhan :)

Semoga bermanfaat!

2 komentar: